Membuat Terrain 3D di Unity
Halo teman teman, kembali lagi dalam blog ini. Seperti judulnya, kali ini kita akan membuat 3D Terrain di Unity. Caranya gampang banget tapi sebelumnya teman teman harus mendownload beberapa asset, pertama buka Unity Asset Store dan cari RealisticTerrain atau yang serupa, asset kedua adalah LowPolyWater untuk kita membuat sungai ataupun danau dan aset yang terakhir adalah Standard Assets yang kalian bisa dapatkan secara gratis. Setelah di download, kita harus mengimport asset asset tadi ke Unity. Caranya gimana tuh? Gampang banget, kalian bisa langsung membuka window Package Manager di Unity, dengan cara klik kanan di folder Package dan pilih Package Manager. Disitu kalian bisa langsung mengimport ketiga assets yang sudah kalian download tadi.
Nah sudah di download dan di import? Mari kita mulai saja! Langkah pertama seperti biasa buka Unity dengan membuat project baru atau scene baru. Langkah kedua, membuat terrain dengan cara klik GameObject > 3D Object dan pilih terrain. Akan muncul terrain kosong berukuran 500x500 pixel.
Selanjutnya klik tombol Terrain settings (icon gerigi) pada panel Terrain di inspector yang akan menampilkan menu baru untuk terrain yang aktif. Lalu scroll kebawah dan atur Resolutionnya menjadi 1000x1000 pixel seperti gambar dibawah ini.
Selanjutnya klik tombol Paint Texture pada panel Terrain di inspector, disini kalian bisa menambahkan texture untuk terrain kalian. Cara menambahkannya cukup mudah, tinggal klik scroll kebawah > Layers > Add Layers dan pilih salah satu texture yang ada, misalnya grass atau dirt. Setelah itu klik Add dan voala, kalian bisa langsung mewarnai terrain yang tadi sudah dibuat.
Komentar
Posting Komentar