Tutorial Membuat Prefab, GameObject Child, RigidBody dan Physics Body Pada Unity

Hai teman teman semua, welcome back di blog ini. Kali ini gua akan membagikan tutorial membuat prefab pada unity. Sebelum kita lanjut pasti kalian penasaran, apa sih prefab itu? 
Prefab adalah sebuah instansiasi dari sebuah GameObject sehingga GameObject yang sudah pernah dibuat bisa digunakan kembali dengan cepat. Selain itu Prefab memungkinkan GameObject digandakan menggunakan script. Dengan adanya prefab, memperbanyak GameObject juga menjadi lebih cepat.

Nah sekarang udah tahu kan apa itu prefab? Mari kita mulai saja!
Langkah pertama adalah buka aplikasi Unity dan buat project baru, namakan apa saja sesuai keinginan kalian. Kalo gua menamakannya BelajarUnity2 dan ini tampilannya. 



Langkah selanjutnya adalah membuat Plane dengan cara GameObject > 3D Object > Plane atau kalian juga bisa menekan tombol "tambah" di pojok kanan atas. Selanjutnya tempatkan plane pada posisi seperti gambar dibawah dan beri nama Lantai1, jangan lupa atur MainCameranya juga ya!

Gambar 1.2 Posisi Lantai1

Gambar 1.3 Posisi MainCamera

Langkah berikutnya adalah tambahkan satu plane lagi dan ganti namanya menjadi Lantai2, atur scalenya menggunakan tombol di pojok atas atau kalian juga bisa langsung memasukkan angkanya pada panel 'Inspector' yang terdapat di sebelah kanan. Selanjutnya atur posisinya menjadi sedikit diatas Lantai1 dan kemiringannya seperti gambar dibawah ini.

Gambar 1.4 Posisi Lantai2

Berikutnya adalah membuat Object Child pada Lantai2, caranya yaitu klik Lantai2 pada tab Hierachy dan pilih GameObject > Create Empty Child dan beri nama 'TitikJatuh'. Atur posisinya sedikit diatas Lantai2 atau bisa langsung memasukkan angkanya pada panel transform sehingga posisinya mirip seperti gambar dibawah.

Gambar 1.5 Posisi Object Child



Selanjutnya adalah menambahkan Sphere, caranya gampang banget yaitu GameObject > 3DObject > Sphere atau bisa klik tombol 'tambah' pada panel Hierachy di pojok kiri atas. Kalau sudah, beri nama "MyBall" dan tambahkan gambar atau material, lalu dari panel Assets drag and drop material atau gambar pada object yang baru saja kita buat.

Gambar 1.6 Posisi MyBall

Langkah selanjutnya yaitu menambahkan RigidBody pada "MyBall", caranya klik "MyBall" pada tab Hierachy, lalu klik menu Component > Physics > RigidBody.
RigidBody adalah sebuah komponen penting yang dapat membuat GameObject seolah-olah mempunyai berat dan dapat dipengaruhi oleh gravitasi.
Berikutnya membuat Physics Material dengan cara Assets > Create > Physics Material dan kasih nama 'Bounce'. Ganti paramater Bounciness menjadi 0.9 untuk menambahkan efek memantul pada bola seperti gambar dibawah.

Gambar 2.1 Material Bounce

Langkah selanjutnya yaitu menambahkan material Bounce pada GameObject MyBall, caranya klik MyBall pada tab Hierachy dan drag material Bounce dari panel Assets ke panel Sphere Collider atau klik tombol kecil di Material pada Sphere Collider milik MyBall dan pilih material Bounce-nya seperti gambar dibawah. 





Gambar 2.2 Panel Sphere Collider


Selanjutnya yaitu merubah object MyBall menjadi Prefab dengan cara drag MyBall dari panel Hierachy ke panel Assets. Kalau Prefab MyBall sudah dibuat, kalian bisa menghapus GameObject MyBall yang ada di tab Hierachy karena yang akan kita gunakan yaitu Prefab yang sudah ada di panel Assets.
Langkah selanjutnya adalah membuat script C#, masih ingat Tutorial Membuat Script Pada Unity? sama seperti sebelumnya dengan cara Assets > Create > C# Script dan beri nama 'GandakanBola.cs', ubah script menjadi seperti gambar dibawah.

Gambar 2.3 Script C#

Selanjutnya pasang script ini di GameObject manapun yang kalian suka, pastikan paramater Bola dan TempatJatuh diisi misalnya kalau dalam case ini paramater Bola diisi dengan MyBall dan parameter TempatJatuh diisi dengan TitikJatuh, lalu jalankan game dan klik 'Buat Bola' berkali-kali, jika berhasil maka bola akan terus bermunculan. Perhatikan juga kondisi tab Hierachy dengan benar, semua GameObject yang terbentuk akan menghilang otomatis selama 5 detik. Ini cara Unity membuat GameObject sekaligus menjaga pemakaian memori komputer.

Bagaimana? Mudahkan? Cukup sekian tutorial yang gua bagikan kali ini, semoga tulisan ini bermanfaat bagi teman teman semua. Terima kasih dan Salam Budi Luhur!












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Membuat Script di Unity

Membuat Terrain 3D di Unity